RPP Kelas 5 K13 Revisi 2017: Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :     SDN Inpres 4/82 Batulubang
Kelas / Semester              :     V / 1
Tema 1                             :     Organ Gerak Hewan dan Manusia
Sub Tema 1                      :     Organ Gerak Hewan
Pembelajaran Ke            :     1
Alokasi Waktu                 :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.          KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.           KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Bahasa Indonesia
3.1  Menentukan pokok pikiran dalam  
teks lisan dan tulis.
4.1  Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
§  Menentukan ide pokok setiap
paragraf dalam bacaan
§  Mengembangkan ide pokok
menjadi sebuah paragraf


Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
IPA
3.1  Menjelaskan alat gerak dan
fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1  Membuat model sederhana alat
gerak manusia dan hewan.
§  Menyebutkan alat gerak hewan
dan manusia
§  Menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok
bacaan


C.          TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
¡  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
¡  Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
¡  Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.




v    Karakter siswa yang diharapkan :          Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.          MATERI PEMBELAJARAN
¡  Membaca bacaan tentang organ gerak hewan dan manusia.
¡  Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.
¡  Menulis dan mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.
¡  Berdiskusi menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.

E.           PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.           SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
¡  Buku, teks bacaan organ gerak hewan dan manusia, gambar tentang organ gerak hewan dan manusia

G.          KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·         Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin)
·         Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
·         Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius)
·         Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
·         Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
·         Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
·         Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
·         Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
·         Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)
15 menit
Inti
§  Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari. Communication
§  Siswa mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia. Mandiri
§  Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.

Catatan:
1. Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat untuk menggali informasi.
2. Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.
3. Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog interaktif.

Hasil yang Diharapkan
-     Siswa terangsang untuk ingin tahu dan mempelajari lebih lanjut tentang organ gerak hewan dan manusia.
-     Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap organ gerak.
180nit
Ayo Membaca
§  Siswa membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan. Literasi
Alternatif kegiatan membaca:
1.  Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
2.  Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3.  Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
§  Hasil yang diharapkan
-       Siswa gemar membaca.
-       Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan.
-       Melalui bacaan, siswa dapat mengetahui organ gerak manusia dan hewan.
§  Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya. Mandiri
§  Alternatif jawaban
1.      Paragraf 2: Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak tersusun dalam sistem gerak.
2.      Paragraf 3: Organ gerak manusia dan hewan memiliki kesamaan yakni tulang dan otot.
  1. Paragraf 4: Tulang merupakan alat gerak pasif.
  2. Paragraf 5: Otot merupakan alat gerak aktif.
§  Hasil yang diharapkan
-       Siswa memiliki keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar khususnya dalam memahami bacaan dan menentukan ide pokok bacaan.
-       Siswa mampu menentukan ide pokok bacaan.
Ayo Menulis
§  Pada kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri siswa mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan. Mandiri
§  Alternatif Jawaban
1.      Paragraf 1: Organ gerak manusia dan hewan terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada juga organ gerak aktif, yakni otot. Tulang dan otot memiliki fungsi masing-masing dalam sistem gerak manusia dan hewan.
2.      Paragraf 2: Organ gerak banyak sekali fungsinya. Dengan organ gerak, kita dapat melakukan gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan, berlari, memanjat, memegang, berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.
3.      Paragraf 3: Tanpa organ gerak manusia tidak akan bisa melakukan gerakan apaapa. Manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan organ gerak adalah sistem yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan, baik gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari luar maupun gerakan-gerakan terencana.
§  Hasil yang diharapkan
-       Siswa memiliki keterampilan mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.
-       Siswa mengetahui fungsi organ gerak.
-       Siswa dapat mandiri, bertanggung jawab, serta tekun dalam mengerjakan tugas
§  Ayo Berdiskusi
§  Siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi tentang pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan. Collaboration
§  Hasil yang diharapkan
-       Siswa memahami pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok dari sebuah bacaan.
-       Siswa mampu mengembangkan sikap kerja sama dalam kelompok serta menghargai pendapat orang lain.
§  Pada kegiatan Ayo Berdiskusi, secara mandiri siswa membuat kesimpulan hasil diskusi. Critical Thinking and Problem Solving
§  Cara membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat yang disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat-pendapat tersebut. Gotong Royong
§  Setelah membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh peserta diskusi dan yang dirasa mendekati kebenaran. Creativity and Innovation
§  Siswa meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah diambil.
§  Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
§  Hasil yang diharapkan
-       Siswa memahami konsep dan memiliki ketrampilan untuk menyimpulkan suatu kejadian atau peristiwa.
-       Kemandirian dalam mengerjakan tugas serta kepekaan dan berpikir kritis.  
§  Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut. Integritas
Hasil yang diharapkan
-       Mengetahui organ gerak hewan.
-       Menambah rasa ingin tahu.
-       Kerja sama.
-       Keterampilan mengumpulkan dan mengolah data atau informasi melalui kegiatan pengamatan.

Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

H.          PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN 
·        Teknik Penilaian
Ø  Penilaian Sikap
Observasi
Ø  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
o   Tes Tertulis
-       Pilihan ganda
-       Uraian/esai
o   Tes Lisan
Ø  Penilaian Kompetensi Keterampilan
o   Proyek, pengamatan, wawancara’
o   Portofolio / unjuk kerja
o   Produk,
·        Instrumen Penilaian
Terlampir


·        Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Ø  Remedial
Terlampir
Ø  Pengayaan
Terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah



Almintje Djarang, S.Pd
NIP. 19640414 198604 2 007

Batulubang,       Juli 2019
Guru Kelas V



Belandina Masoara, S.Pd SD
    NIP. 19651231 198508 2 002






LAMPIRAN
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Bentuk Instrumen Penilaian
1. Sikap
a. Disiplin
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang Dinilai
Catatan Guru

Datang Tepat Waktu
Mengerjakan Tugas Tepat Waktu
Tertib dalam Pembelajaran
Berseragam Lengkap
Melaksanakan Piket
Mengembalikan
Pinjaman
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB
dan PB
1














2














3














4














5














6














7














8














9














10















b. Tanggung Jawab
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang Dinilai
Catatan Guru

Menyelesaikan
Tugas
Belajar
Melaksanakan
Kebersihan
Mengerjakan
Tugas
PR
Memberi
Pemecahan
Masalah
Membuat
Laporan
Memberikan
Santunan
Sosial
Menyelesai-kan
Tugas
Belajar
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB
dan PB
1
















2
















3
















4
















5
















6
















7
















8
















9
















10


























c. Peduli
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang Dinilai
Catatan Guru

Perhatian
kepada
Teman
Membantu
Teman
Ingin
Tahu Kesulitan
Teman
Menjenguk
Teman
Merawat
Lingku-ngan
Meminjam-kan
Alat
Belajar
Melerai
Teman
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB
dan PB
1
















2
















3
















4
















5
















6
















7
















8
















9
















10

















d. Percaya Diri
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang Dinilai
Catatan Guru

Berani
Tampil
Berani
Mencoba
Berani
Berpendapat
Berani
Memimpin
Menyampaikan
Kritik
Memperta-
hankan
Pendirian
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB
dan PB
1














2














3














4














5














6














7














8














9














10















2. Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan pengayaan
pada buku siswa.
Format Penilaian
Nama Siswa
Hasil Penilaian Pengetahuan
Aspek 1
Aspek 2
Tercapai
(ü)
Belum
Tercapai
(ü)
Tercapai
(ü)

Belum
Tercapai
(ü)


















































Keterangan:
1. Aspek 1: Menyebutkan organ gerak pada hewan dan manusia
2. Aspek 2: Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis


3. Keterampilan
Penilaian Unjuk Kerja
a.       Rubrik Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil yang ditulis
sesuai dengan
kejadian atau
peristiwa yang
tampak pada
gambar yang
diamati.
Keseluruhan
jawaban yang
ditulis siswa
sesuai dengan
gambar yang
diamati
dan benar
mengelompokkan
jawabannya.
Keseluruhan
jawaban yang
ditulis siswa
sesuai dengan
gambar yang
diamati dan
sebagian besar
benar dalam
mengelompokkan
jawabannya.
Sebagian besar
jawaban yang
ditulis siswa
sesuai dengan
gambar yang
diamati dan
sebagian besar
benar dalam
mengelompokkan
jawabannya.
Hanya sebagian
keciljawaban
yang ditulis siswa
sesuai dengan
gambar yang
diamati dan
hanya sebagian
kecil benar dalam
mengelompokkan
jawabannya.
Penggunaan
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar: Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dalam penulisan
ringkasan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan
efisien dan
menarik dalam
keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan
efisien dalam
keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian besar
penulisan.



Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian kecil
penulisan.
Keterampilan
Penulisan:
Tulisan hasil
pengamatan
dibuat dengan
benar, sistematis
dan jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
Keseluruhan hasil
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di
atas rata-rata
kelas.
Keseluruhan
hasil penulisan
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.



Sebagian besar
hasil penulisan
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang terus
berkembang.
Hanya sebagian
kecil hasil
penulisan
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
masih perlu teru



b.      Mencari ide pokok bacaan
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Ketepatan
Menemukan
keseluruhan ide
pokok dengan
tepat.
Hampir semua
ide pokok
ditemukan
dengan tepat.
Ada beberapa ide
pokok yang tidak
tepat.
Sebagian ide
pokok yang
ditemukan tidak
tepat.
Menunjukkan
Bukti Pendukung
Mampu
menunjukkan
bukti pendukung,
Mampu
menunjukkan
hampir semua
bukti pendukung.
Ada beberapa
bukti pendukung
yang ditunjukan
tidak tepat.



Sebagian besar
bukti pendukung
yang ditunjukkan
tidak tepat.
Waktu
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan sangat
cepat.
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan cepat
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan cukup
cepat.
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan sangat
lambat
Keterampilan
Penulisan:
Ringkasan
dibuat dengan
benar, sistematis
dan jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
Keseluruhan
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di
atas rata-rata
kelas.
Keseluruhan
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
Sebagian besar
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang terus
berkembang.
Hanya sebagian
kecil hasil
penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
masih perlu terus
ditingkatkan.

c. Menuliskan Ide Pokok dari Bacaan
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Rumusan ide
pokok: Ide
pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat (Subjek +
Predikat)
Keseluruhan ide
pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.
Hampir semua
ide pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.
Sebagian besar
ide pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.


Hanya sebagian
kecil ide pokok
ditulis dalam
bentuk kalimat.


Penggunaan
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar: Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dalam penulisan
ringkasan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan
efisien dan
menarik dalam
keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan
efisien dalam
keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian besar
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian kecil
penulisan.
Ketepatan: Ide
pokok yang ditulis
benar dan sesuai
dengan bacaan.
Keseluruhan
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.
Hampir
keseluruhan
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.
Sebagian besar
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.
Sebagian kecil
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.

Remedial
Organ gerak hewan
Alat Gerak
Namanya
Fungsinya
Pasif


Aktif



Pengayaan
Coba amati kegiatanmu sehari-hari.
1. Tunjukkan gerakan dalam kegiatanmu sehari-hari yang memanfaatkan kerja organ gerak: ................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Apakah yang akan terjadi jika organ gerakmu tidak dapat bekerja sebagai mestinya? ................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Penilaian
Teknik Penilaian:
1. Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
2. Penilaian Pengetahuan: tes tertulis

3. Penilaian Keterampilan: uji unjuk kerja



Post a Comment

0 Comments